Selasa, 16 Oktober 2012

Rencana Bisnis

Minggu 2

Rencana Bisnis
Rencananya dalam  membuka steam motor & mobil  :

1.      Lokasi

Menentukan lokasi tempat cucian motor/mobil adalah salah satu point penting yang sangat menentukan kelangsungan usaha Anda akan berhasil atau tidak. Lokasi tempat pencucian motor&mobil biasanya mengambil tempat-tempat yang cukup strategis yang ramai dilalui oleh pengendara motor atau mobil. Lokasi strategis biasanya sbb       :
-          Memiliki tempat yang luas dan cukup untuk tempat parkiran kendaraan dan untuk tempat pencucian
-          Berada di area terbuka tidak terhalang oleh gedung atau bangun-bangunan lainnya
-          Biasanya berdekatan dengan pom bensin
-          Dekat persimpangan jalan atau sudut persimpangan jalan
Dari sini saya liat berapa kira-kira dana yang harus di persiapan untuk membangun steam mobil&motor.

2.      Air

Air dalam bisnis steam motor&mobil menjadi media utama . disini saya harus memperhatikan kondisi air di setiap kita memilih lokasi/tempat. apakah airnya terlihat keruh/kotor , jernih atau berpasir? Karena air yang keruh mengandung kotoran . hal ini bisa kita liat indikasinya pada body yang cenderung semakin lama semakin kusam.
Makanya air yang baik digunakan untuk steam motor&mobil air yang jernih. Di sini saya harus hati-hati keliatannya si sepele ya tapi berakibat fatal.

3.       Kombinasikan dengan resto

Agar konsumen tidak bosan selama menunggu motor atau mobinya di cuci , saya bisa membuka mini mart atau resto  seperti menjual minuman , makanan ringan sampai makan berat seperti nasi dll , menjual rokok . dengan demikian konsumen merasa betah saat  menunggu kendaraannya.

4.      Ruang Tunggu

Agar konsumen merasa lebih betah lagi kita fasilitasi dengan 2 ruangan : ruangan berAC dan ruangan nonAC serta TV dengan langganan tv kabel.

5.      Kualitas hasil cuci mobil dan motor

Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yang anda berikan dapat memenuhi ekspektasi mereka. Kita harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci mobil dan motor kita sangat baik ,bersih, dan memuaskan. Yang pasti setiap petugas cuci saya bekerja dengan standar yang saya tentukan.

6.      Pelayanan yang Sangat Baik (Service Excellent)

Konsumen di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan. Untuk itu, saya harus benar-benar melatih seluruh karyawan saya agar benar-benar mengerti soal service excellent. Service yang baik bukan sekedar memberikan senyuman, tapi harus memberi solusi bagi pelanggan. Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci mobil dan motor anda dari mulai greeting, hingga proses pelayanan  yang cepat dan praktis. Ucapan terimakasih sangat penting untuk mengakhiri pelayanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar